STARBURSTING




Starbursting adalah sebuah teknik kreatif yang digunakan untuk menghasilkan pertanyaan-pertanyaan yang mendalam tentang suatu ide, konsep, atau masalah. Dengan starbursting, seseorang menciptakan sebuah "bintang" dengan menempatkan ide, konsep, atau masalah di tengah, dan dari sana mereka menghasilkan pertanyaan "bintang" yang menjelajahi berbagai aspek dan detail dari subjek tersebut. Teknik ini membantu dalam menggali informasi lebih lanjut dan memperluas pemikiran tentang suatu topik.

Starbursting dalam program hamil

Dalam konteks program hamil, starbursting dapat digunakan untuk mengidentifikasi dan menjelajahi berbagai aspek yang relevan dengan merencanakan kehamilan atau mempersiapkan diri untuk menjadi orang tua. Memulai pertanyaan yang terperinci dari 6 sub pertanyaan yaitu Who, What, Where, When, Why, How. Setelahnya 6 sub itu dikembangkan menjadi pertanyaan-pertanyaan yang lebih mendalam dan terperinci lagi. 

Contoh beberapa pertanyaan yang mungkin muncul dalam starbursting untuk program hamil termasuk:

  1. Kapan waktu yang tepat untuk memulai program hamil?
  2. Apa saja aspek kesehatan yang perlu dipertimbangkan sebelum hamil?
  3. Apakah ada perubahan gaya hidup yang harus dilakukan untuk meningkatkan peluang kehamilan?
  4. Apa yang harus dipertimbangkan dalam hal nutrisi selama kehamilan?
  5. Bagaimana cara mengurangi risiko komplikasi selama kehamilan?
  6. Apa persiapan yang diperlukan untuk persalinan dan masa nifas?
  7. Bagaimana mengelola stres dan emosi selama masa persiapan hamil?
  8. Apa opsi perawatan prenatal yang tersedia dan mana yang paling sesuai untuk saya?
  9. Bagaimana cara mempersiapkan lingkungan rumah untuk kedatangan bayi?
  10. Apa yang harus dilakukan jika ada masalah atau hambatan dalam proses kehamilan?

Dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan semacam ini, seseorang dapat membuat rencana yang komprehensif dan terinformasi untuk menjalani program hamil dengan sukses.

Di Komunitas Permata Hati, khususnya divisi program hamil juga menerapkan sistem starbursting untuk menggali akar masalah sesungguhnya.

Setelah mengerjakan starbursting member mendapatkan banyak insight yang baik terkait metode starbursting ini, diantaranya:

1. Sebelumnya saya belum pernah tahu metode starbursting ini, sekarang jadi tahu. Alhamdulillah jadi lebih bisa mengetahui akar masalah diri kita kenapa belum hamil, tapi saya merasa masih belum maksimal dalam praktek ini, karena untuk starbursting ini masih belum maksimal untuk komunikasi dengan pasangan terutama pd level 2 nya, hanya pada starbursting level 1 yang mengerjakan bersama dengan pasangan.

(Siti Sumaeni)

2. Alhamdulillah bertambah ilmu, saya baru mendengar dan mengetahui istilah starbursting, saya jadi menyelami kembali dari awal / pertama kali saya berkonsultasi dengan dokter kandungan dari 1 klinik ke klinik lain, dari 1 rumah sakit ke rumah sakit lainnya, Alhamdulillah memberikan pengalaman baru dalam kehidupan rumah tangga kami.

(Siti Choriyah)

3. Alhamdulillah saya sangat bersyukur bisa bergabung dengan permata hati. Dan saat ini berkesempatan untuk belajar bersama dalam program hamil, saya merasa beruntung sekali. Melalui materi pertama Starbursting kini saya menjadi tahu apa yang menjadi akar permasalahan hidup saya selama ini. Yang awalnya terlihat hanya pengen punya anak lagi, ternyata justru ada hal yang belum beres dengan diri saya. Semoga setelah mengetahui akar masalah ini, saya bisa lebih menentukan tindakan yang lebih tepat dan fokus untuk penyelesaian penyembuhan dalam diri saya. Karena saya yakin jika saya sudah bisa berdamai maka untuk mencapai tujuan pun akan lebih mudah. Dan semua akan kembali pada diri kita sendiri ketika sudah berserah kepada Sang Maha Pengatur.

(Sri Hidayah)

4. Mendapatkan ilmu baru, membuat saya semakin menggali diri saya tentang apa yang selama ini saya rasakan dalam menjalankan program hamil ini, lebih mengetahui faktor penyebab mengapa saya bisa seperti itu, dan bisa membuat plan ke depan biar lebih terarah. Dan memiliki goals dalam menjalankan program hamil yang bahagia, sehat, lahir dan batin.

(Nuswatul Ishmah)

5. Belum diberi momongan berarti kita punya waktu untuk lebih menyayangi pasangan dan keluarga serta sering berdiskusi tentang hari depan, hingga akhirnya kita matang untuk menjadi orangtua."

(Yulia Sari)    

6. Starbursting membuatku mengorek lebih dalam masalah diri, bila kita mau terbuka dan tidak menghakimi diri maka kita akan menemukan jawaban yang selama ini kita cari. Kuncinya adalah keberanian menghadapi dan tidak menghakimi diri pada apapun yang terjadi. Jika bukan diri kita sendiri yang menerima dan mencintai diri tanpa penghakiman, siapa lagi?

(Noer Zein Hidayati)    

7. Alhamdulillah dapat menggali akar masalah lebih dalam serta memahami apa yang harus dilakukan untuk mencapai suatu tujuan

(Hamlia)    

8. pasrah dan ikhlas hanya kepada Allah kami serahkan segalanya.

(Nurjanah Laila)    

9. Membuat jurnal Starbursting ini bagiku seperti menguliti diri sendiri, Memaksa diri untuk masuk kedalam dan melepaskan Topeng yang selama ini di pakai kemana mana..yaitu Topeng " Aku Baik Baik Saja " dan dari situ muncul kesadaran bahwa inilah saatnya untuk Menerima Emosi yang ada dan merangkulnya serta berdamai dengannya.

(Saryani)

 

Jadi gimana? Tertarik juga untuk belajar starbursting? 

Yuk, belajar bareng Komunitas Permata Hati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar