REVIEW MATERI KE-5 KOMUNIKASI HARMONIS KELAS BELAJAR PERMATA HATI


REVIEW SHARING SEASON

MATERI KE-5

PROSES PEMBELAJARAN

KOMUNITAS PERMATA HATI

"KOMUNIKASI HARMONIS"

 

Pada dasarnya pria dan wanita memiliki banyak perbedaan, diibaratkan pria adalah planet Mars dan wanita adalah planet Venus seperti yang tertuang dalam buku karya John Gray berjudul "Men Are From Mars, Women Are From Venus." Dalam buku tersebut beliau mengupas tuntas perbedaan antara pria dan wanita, terkait sifat, karakter, keinginan, cara menghadapi masalah, dsb. Perbedaan ini pulalah yang kadang jika tidak disikapi dengan bijak tak jarang menjadi pemicu perdebatan dan perselisihan antar individu misalnya pasangan. Untuk meminimalisir itu diperlukan yang namanya komunikasi harmonis.

 

Apa itu komunikasi harmonis?

Komunikasi adalah pengiriman atau penerimaan pesan atau berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami.

Harmonis berarti seia sekata.

(sumber: KBBI)

Komunitas Permata Hari menyadari pentingnya ilmu tentang komunikasi harmonis agar setiap membernya dapat menyampaikan pesan dengan baik. Sebagai sarana mewujudkannya komunitas Permata Hati telah mencanangkan program pembelajaran "Komunikasi Harmonis" sebagai salah satu materi yang dipersiapkan untuk membernya. Materi komunikasi harmonis tersebut telah disampaikan dalam materi ke-5 yang disampaikan lewat media zoom meeting pada hari Minggu, tanggal 6 Februari 2022 pukul 11.00-12.00 oleh Mbak Titik Purwanti selaku nara sumber dan Mbak Rina Sumaryati selaku host.

Berikut flyer acaranya:

 







Sebagai pengantar menuju pembahasan materi, acara dimulai dengan pembukaan dan pengenalan narasumber oleh host.

Kemudian sebagai pembuka, pemateri memperkenalkan diri dan membuka materi dengan menjelaskan pengertian dari komunikasi harmonis dan hal apa saja yang mendasari perbedaan cara komunikasi antara pria dan wanita. Dilanjut dengan penjelasan mengenai dua faktor yang mempengaruhi jalannya komunikasi.

Untuk memperbaiki bagaimana cara berkomunikasi ke arah yang lebih bai, di slide selanjutnya pemateri menjelaskan mengenai 5 kaidah yang dapat membantu meningkatkan efektivitas dan produktivitas komunikasi dengan pasangan.

Berikutnya, pemateri menjelaskan mengenai tangki cinta dan 5 bahasa cinta. Dimulai dengan penjelasan analogi tangki cinta kemudian bertahap satu persatu menyebutkan 5 macam bahasa cinta pasangan.

Selanjutnya sebagai penutup materi nara sumber menyampaikan pesan:

« Inti dari pernikahan itu adalah mau belajar dan memberi satu sama lain.

« Mau belajar untuk berkomunikasi dengan lebih baik serta mau memberi dan mengisi tangki cinta kita sendiri juga tangki cinta pasangan adalah salah satu hal yang memegang peranan penting untuk menyatukan dua orang yang berbeda dalam satu ikatan pernikahan.

 

"Saat kita bersungguh-sungguh untuk saling belajar dan memberi maka bukan hanya diri kita saja yang akan bertumbuh, melainkan ada anak-anak yang kita yang senantiasa akan mengambil tauladan baik dari kita sebagai orang tua."

(Titik Purwanti)

 

Terakhir pemateri memberikan tugas membuat jurnal hati sebagai bahan praktek dirumah masing-masing oleh member sebelum berpamitan. Sebagai puncak acara selanjutnya acara ditutup oleh host dan zoom ditutup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar