REVIEW MATERI KE-4 SELF HEALING KELAS BELAJAR PERMATA HATI


REVIEW MATERI SELF HEALING SPESIAL EDITION UNTUK UMUM

 


Pengertian Self Healing secara bahasa didefinisikan sebagai sebuah perilaku yang memiliki tujuan untuk menyembuhkan maupun memperbaiki diri sendiri (Definition of Self-Healing, t.t.).

Dari segi keilmuan, Self-Healing lebih mengarah pada proses pemulihan atau penyembuhan yang biasanya diakibatkan oleh gangguan psikologi, trauma, dan sebagainya yang mana proses pemulihan ini dimotivasi dan didorong oleh klien atau pasien dan biasanya diatur oleh insting individu tersebut (Vignesh dkk, 2019).

Dari perspektif psikologi, Self-Healing merupakan proses penyembuhan yang hanya melibatkan diri sendiri untuk bangkit dari penderitaan yang pernah dialami dan memulihkan diri dari luka batin yang dapat disebabkan oleh trauma terhadap keadaan dan menyebabkan diri menolak kenyataan yang telah terjadi (Wisnubrata, 2020).

Sebagai komunitas yang diharapkan dapat menjadi wadah bagi para wanita khususnya pejuang buah hati agar selalu produktif, bahagia dan penuh energi positif. Permata Hari telah mempersiapkan 12 program untuk menunjang proses kearah tercapainya tujuan tersebut. Salah satu diantaranya adalah Self-Healing.

Pada dasarnya setiap orang memiliki tingkat stres dan luka batinnya masing-masing. Luka ini jika tidak disembuhkan akan terus menerus menjadi beban yang bisa berdampak pada kesehatan mental, emosional, dan juga fisik bahkan terwariskan kepada keturunan kita. Untuk alasan inilah penting bagi kita untuk memiliki keahlian Self-Healing, agar kita menjadi pribadi yang sehat secara mental dan emosional sehingga tidak melukai orang lain. Sesungguhnya tidak ada yang bisa menyembuhkan kecuali diri kita sendiri.

Mengingat begitu pentingnya keahlian Self-Healing ini tidak hanya untuk member namun juga bagi siapa saja yang merasa memiliki luka batin. Akhirnya Permata Hati mengelar acara bertajuk "Self Healing Spesial Edition" secara virtual via zoom meeting, pada tanggal 10 Januari 2022 pukul 20.00-22.00 oleh Mbak Zakiah Darojah selaku Nara sumber dan Mbak Titik Purwanti yang diwakilkan Mbak Adelia Octora P. selaku host. Berikut flyer acaranya: 

Sebagai pengantar menuju pembahasan materi, acara dimulai dengan pembukaan dan pengenalan narasumber oleh host. Setelah itu sebagai pembuka materi narasumber memberikan instruksi awal untuk mencoba memulai praktik proses Self-Healing dengan cara menuliskan emosi negatif atau pemicu emosi masing-masing peserta kedalam secarik kertas. Setelah itu narasumber menjelaskan apa itu Self-Healing, ciri-ciri orang yang membutuhkannya, dan apa tujuannya. Sebelumnya narasumber juga menyampaikan apa saja yang bisa menjadi penyebab dari luka batin sehingga perlu dilakukan Self-Healing.

Kemudian peserta diajak kembali untuk melakukan praktik selanjutnya dengan merasakan nafas perlahan dan mengingat peristiwa dimasa lalu yang tidak enak lalu dituliskan lagi. Selanjutnya narasumber menjelaskan akibat apa saja yang dapat terjadi jika luka batin tidak disembuhkan dan sekaligus menerangkan apa saja metode Self-Healing yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan luka batin tersebut.

Metode Self-Healing yang efektif adalah Self-Healing yang dilakukan secara holistic atau menyeluruh meliputi aspek lahir dan batin. Metode Self-Healing secara holistic ini mencakup 4 aspek yaitu: Intellectual Health, Emotional Health, Physical Health, Spiritual Health. Narasumber menjelaskan satu persatu aspek-aspek tersebut, memberi contoh aksi Self-Healingnya dan selanjutnya langsung di praktikkan bersama.

Narasumber juga menjelaskan bahwa dari semua metode Self-Healing tersebut intinya memiliki 2 fungsi yaitu: self acceptance dan self awareness. Selanjutnya sebagai penutup Nara sumber menyampaikan panduan self healing yang bisa dilakukan sendiri dirumah dan terakhir memberikan pesan yang begitu mendalam sebagai perpisahan sebelum acara ditutup kembali oleh host.

"Penderitaan yang bisa kita lalui, adalah jalan untuk menemukan kebijaksanaan di dalam diri"

(Zakiyah Darojah)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar