REVIEW SHARING SESSION "SELF HEALING"



Setelah materi Self Love, Permata Hati hadir menjadi teman belajar sobat hati dalam materi "Self Healing", dibawakan langsung oleh Bu Direktur Permata Hati Zakiyah Darojah dan host Muhayaroh Sobat Hati Batch 2 belajar tata cara Self Healing atau penyembuhan diri. Mengapa mempelajari hal ini penting bagi kita? Apakah benar self healing itu benar-benar bisa bekerja dengan baik? Kita ambil contoh pada kehidupan keseharian kita untuk memahami keterkaitan ini, ketika lelah dan stres, sistem imunitas melemah. Ketika bahagia, sistem imunitas meningkat. Itu adalah bukti bahwa pikiran dan tubuh adalah satu kesatuan. Fakta bahwa pikiran dan tubuh adalah satu kesatuan inilah, maka kita dapat menggunakan pikiran kita untuk melakukan proses penyembuhan secara mandiri (self-healing). Tentu saja dengan memikirkan hal-hal yang positif, sugestif dan bermanfaat untuk membuat tubuh lebih sehat dan lebih imun terhadap segala jenis penyakit.


Pengertian Self Healing:

Secara bahasa, self-healing didefinisikan sebagai sebuah perilaku yang memiliki tujuan untuk menyembuhkan maupun memperbaiki diri sendiri (Defini-on of Self-Healing,t.t.).

Sedangkan dari segi keilmuan, self-healing lebih mengarah pada proses pemulihan atau penyembuhan yang biasanya diakibatkan oleh gangguan psikologis, trauma dan sebagainya yang mana proses pemulihan ini dimotivasi dan didorong oleh klien atau pasien dan biasanya diatur oleh insting individu tersebut (Vignesh dkk., 2019).
"Ciri Paling Mudah untuk Mengamati Apakah Kita Membutuhkan Self Healing, adalah dengan Mengamati Emosi Kita Sehari-Hari." ~Zakiyah Darojah

Tujuan Self Healing:

Tujuan dari self healing adalah untuk memahami diri sendiri, menerima ketidaksempurnaan, dan membentuk pikiran positif dari apa yang telah terjadi. Ketika berhasil melakukan self healing, maka kita akan menjadi pribadi yang lebih tegar dalam menghadapi kesulitan, kegagalan, dan trauma di masa lalu. (Eka Febri, djkn.kemenkeu.go.id, 2021) 
Akibat kita abai pada luka diri:

  • Emosi tidak stabil
  • Terjebak pada masa lalu dan cemas pada masa depan
  • Menderita penyakit fisik
  • Sulit bahagia
  • Menyakiti orang lain
  • Keinginan bunuh diri
  • Depresi, dst
Metode Self Healing:

★ Hipnoterapy
★ EFT
★ TRE
★ Sedona method
★ Meditasi
★ Olah nafas
★ Olah tubuh
★ Dzikir, dan sebagainya

Tidak bisa dipungkiri kita semua memiliki luka batin kita sendiri-sendiri dengan level yang berbeda-beda. Dari lukalah kita belajar kuat, tegar, dan tak menyeraah. 
"Luka adalah tempat dimana cahaya memasukimu." ~Rumi

 >> TUGAS JURNAL HATI #SELF HEALING

1. Tulis dalam bentuk kalimat pengakuan, semua hal yang membuat Anda tidak nyaman, jika ada. Akui bahwa masih ada rasa tidak nyaman tentang hal tersebut saat ini.
2. Lakukan katarsis jika ada emosi yang terpendam cukup dalam.
3. Tuliskan surat cinta untuk diri Anda sendiri.  
4. Tulislah jurnal syukur 14 hari.
5. Dapatkah Anda menemukan pelajaran/hikmah, dari hal-hal yang membuat Anda merasa tidak nyaman itu? jika ada tuliskan!

>> Batas praktek selama 14 hari, Sehingga Jurnal Hati dikumpulkan pada rentang tanggal 20-23 Maret 2023, pukul 23.59 WIB
>> Tugas bisa dikumpulkan dalam bentuk tulisan, gambar, ataupun video.
>> Tambahkan hashtag
     #permatahati
     #energicintakeluarga
     #jurnalhati
     #challengepermatahati
     #selfhealing
>> Jika berkenan dibagikan untuk publik, silahkan share di sosial media dan tag FB atau IG Permata Hati

With Love 💜
Tim Permata Hati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar