Kelas Belajar Permata Hati : Materi 2 SELF LOVE


REVIEW SHARING SESSION 

MATERI SELFLOVE

 

atau mencintai diri sendiri menjadi salah satu dari 12 materi belajar di Komunitas Permata Hati. Mengapa member Permata Hati dirasa penting untuk mempelajar materi ini? Karena tiada lain dan tiada bukan bahwa kita –para perempuan- terlebih para pejuang buah hati acap kali tidak mampu menghargai diri sendiri. Merasa rendah diri, insecure, tidak percaya diri, mudah membandingkan diri sendiri dengan perempuan lain, dan masih banyak perasaan-perasaan negatif lainnya yang diakibatkan jika kita tidak mencintai diri sendiri.

Lebih spesifik disampaikan oleh Deborah Khoshaba Psy.D, bahwa Self love yaitu suatu apresiasi terhadap diri sendiri yang bersifat dinamis, yang tumbuh dari tindakan yang mendukung pertumbuhan fisik, psikologis, dan spiritual kita (tindakan yang membuat dewasa). Dengan cara jujur terhadap diri sendiri mengenai kekurangan kita serta kekuatan yang kita miliki dan juga menjadi diri sendiri. -(Psychology Today, 2012)-

Sharing session mengenai materi Self Love ini dilakukan secara virtual via Zoom Meeting, pada Tanggal 6 Desember 2021, pukul 20.00-21.00 WIB oleh Ibu Zakiyah Darojah selaku Pemateri. Berikut ini merupakan e-flyer acaranya ;

Sebagai pengantar menuju pembahasan self love, pemateri terlebih dahulu membahas tentang bagaimana menjadi perempuan yang bahagia, yaitu perempuan yang memiliki kesehatan fisik, mental, emosi dan spiritual. Dilanjutkan dengan pengertian self love itu sendiri dan mengapa setiap perempuan perlu mencintai diri sendiri. Lebih seru lagi dan semakin membuat kita tersadar, ketika dijabarkan mengenai ciri-ciri orang yang tidak mencintai diri sendiri serta akibat yang ditimbulkan karenanya. Kemudian, member Permata Hati mendapatkan penjelasan mengenai indikator seseorang yang sudah mencintai dirinya sendiri, bagaimana melatih self love dalam kehidupan mereka dan sebuah keyakinan bahwa setiap diri kita pasti memiliki potensi diri untuk menjadi orang yang bermanfaat.

Pemateri juga menyampaikan bahwa self love itu tidak sama dengan egois, karena self love tidak semata-mata untuk memikirkan keuntungan atau kesenangan pribadi. Mencintai diri sendiri itu tidak lantas membuat kita menjadi tidak peduli dengan orang lain di sekitar kita, justru sebaliknya bahwa hal tersebut menjadikan kita lebih bisa berempati terhadap keadaan di sekeliling kita.

Terakhir, selain menyampaikan mengenai analisa bakat untuk mengetahui potensi diri member, dan juga penjelasan mengenai tugas jurnal hati yang harus dikerjakan oleh member Permata Hati, pemateri menutup rangkaian sharing session dengan dua quote yang begitu luar biasa dari Rupi Kaur dan Andrea Dykstra.

“Caramu mencintai diri sendiri adalah caramu mengajarkan orang lain dalam mencintaimu.” -Rupi Kaur-

In order to love who you are, you cannot hate the experiences that shaped you.” -Andrea Dykstra-

 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar