REVIEW SHARING SESSION "FAMILY EXCELLENT"


 

Notulen : Nurjanah Laila

Baity jannaty, rumahku surgaku. Adalah slogan yang semua orang tahu, semua keluarga tahu, tetapi tidak semua keluarga mampu mewujudkan rasa surga di dalam rumahnya.

Keluarga merupakan support system pertama dan utama, sehingga jika terjadi konflik di dalam keluarga, maka sudah pasti yang timbul adalah kekacauan, baik lahir maupun batin.

Tetapi, mampu bersinergi dengan apik, di antara anggota keluarga, memang bukan hal yang mudah. Tetapi bukan berarti tidak bisa.

Oleh karena itu, penting sekali untuk memahami bahwa membangun sinergi dalam keluarga itu sangat penting. Lalu
bagaimana cara memulai sinergi itu, jika selama ini yang satu ke barat, yang satu ke timur? Kemudian, bagaimana membuat anggota keluarga menjadi home team yang menyenangkan? Lalu, apa si fungsinya menjadikan keluarga sebagai home team?

Nah, semuanya akan dibahas dalam materi Family Exellent, dengan teman belajar kita mbak Adelia Octora dipandu host Mbak Saryani. Harapannya, dengan materi ini, kita belajar membangun keluarga yang kompak, yang memiliki tujuan yang searah, sehingga bisa membuat project keluarga bersama-sama. Sehingga hubungan dalam keluarga akan menjadi lebih baik, dan terwujud keluarga yang Exellent.

Sinergi dalam Keluarga
Setiap dari pasangan pasti memiliki hal-hal yang sama dan kadang banyak perbedaannya, dan perbedaan inilah yang sering memicu konflik dalam keluarga. Dalam Family Excellent kita belajar bahwa jika sesuatu tak ditakdirkan sama, berarti itu diciptakan untuk saling komplemen/melengkapi. Ya, pada aktivitas ataupun sikap sehari-hari kita bisa memandang lebih kreatif agar itu tak lagi jadi bahan konflik rumah tangga, Caranya dengan membuat peta irisan dengan me-list hal-hal yang kita dan pasangan suka, mana yang tidak disuka, untuk hal-hal yang sama bisa dengan mudah kita buat kegiatan bersama dalam family project namun pada yang berbeda kita cari cara kreatifnya, misalkan seorang istri suka memasak, suami suka makan maka bisa membuat projek masak lalu makan bersama, dst. 

Family project adalah suatu kegiatan yang harus ada dan diberdayakan dalam keluarga. Agar terciptanya keharmonisan dalam keluarga dan meningkatkan kesadaran akan sifat saling menghormati, menghargai dan memahami karakter dari masing-masing individu dalam keluarga. Serta sebagai sarana support system dalam aktivitas sehari-hari dan pembagian tugas dalam pola pengasuhan anak.

Kita mencoba belajar memahami perbedaan , yaitu belajar mengerti pasangan lebih dahulu, bukan hanya menuntut pasangan. Dalam memahami diri dan pasangan, coba tanya hal yang disukai , hal yang tidak disukai , impian , harapan dan cita-cita pasangan. Untuk menghindarkan salah persepsi , maka kita belajar menerima pasangan. Tipsnya yaitu kitab isa ngobrol bareng, main bareng dan aktivitas bersama. Sinergi dalam keluarga yaitu belajar menerima perbedaan , membangun kebersamaan dalam perbedaan. Sinergi dalam keluarga itu penting bukan hanya dengan pasangan namun juga dengan anak-anak. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar