Evaluasi dan Resolusi




Evaluasi akhir tahun

Resolusi awal tahun

 


 

Sebagian orang menjadikan momentum pergantian tahun sebagai titik akhir untuk melakukan evaluasi tentang apa yang sudah terjadi di tahun yang akan ditinggalkan dan mencanangkan resolusi untuk tahun yang akan datang.

Sebagian lain menganggap, evaluasi dan resolusi adalah dua hal yang tidak perlu. Untuk apa melakukannya? Toh, pada ujungnya tetap saja sepanjang tahun berlalu gitu-gitu saja dan di penghujung tahun juga gitu-gitu saja. Pretttt lah ....


▪️ Sudah menikah

▪️ Sudah punya anak

▪️ Sudah punya rumah

▪️ Sudah punya pekerjaan

▪️ Sudah punya kendaraan


Semua itu rasanya sudah lumrah, banyak yang sudah mengalami dan memiliki itu. Hal ini membuat saya berfikir, "Ya sudah, hidup itu, ya, gitu-gitu saja."

Sesaat saya lupa, bahwa tidak semua orang bisa mendapatkan itu. Bisa saja, Allah menjadikan sesuatu yang mudah saya dapat, menjadi sulit bagi orang lain. Apa yang gitu-gitu saja bagi saya, bagi sebagian orang justru itu adalah impian. 

So, saya mulai berpikir ulang, rasanya tak pantas saya ngomong, "Ah, gitu-gitu saja?"

Sebelumnya, standar pencapaian sukses saya, seringkali terletak pada penilaian orang lain terhadap saya. Padahal cara ini sungguh menyiksa. Karena penilaian orang lain adalah sesuatu diluar diri saya yang tak pernah bisa saya kontrol. 

Resolusi di awal tahun tidaklah buruk untuk dibuat, yang tidak tepat itu adalah menulis resolusi, tapi tidak melakukan aksi apapun untuk semua harapan yang telah ditulis tersebut. 

Awal tahun 2024 ini saya menulis, "Terimakasih ya Allah Engkau telah kumpulkan saya bersama orang-orang sholeh dan sholehah yang terus menerus menambah keimanan dan ketaqwaan saya kepada-Mu."

Siapa sangka, harapan itu langsung dikabulkan Allah, salah satunya tahun ini saya bisa bergabung di komunitas "Permata Hati." Sebuah komunitas yang berisikan wanita dari berbagai daerah, suku, agama, serta profesi. Permata Hati adalah wadah bagi semua wanita yang terus menerus berdaya di bidangnya masing-masing.

Semoga dengan bergabungnya saya di Permata Hati bisa menjadi berkah, khususnya bagi diri saya pribadi dan sesama. Membawa manfaat untuk anggota komunitas dan syukur-syukur juga bagi masyarakat yang jauh lebih luas.


Aamiin ....


💓💓💓


Nurhusniyati Hidayat

(Member batch 3 - Komunitas Permata Hati)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar