TIPS MENJADI OPERATOR ONLINE MEETING




Menjadi operator bukanlah pekerjaan yang sulit tapi juga tidak bisa diremehkan karena perannya sangat penting dan vital di balik layar untuk kelancaran dan estetika acara.

Operator harus menguasai panggung acara dan memahami teknis-teknis perangkat teknologi yang digunakan, serta tidak mudah gugup ketika terjadi kendala teknis sehingga bisa kreatif memikirkan solusinya.

Agar kendala teknis bisa diminalisir, maka berikut saya jabarkan tipsnya berdasarkan pengalaman pribadi:


1. Membuat 1 folder khusus acara

Sebagai operator, kita harus paham apa saja kebutuhan acara, seperti video bumper in, video iklan, materi, dst dimana kesemuanya itu harus dimiliki dan dipegang operator dan dibuat menjadi 1 folder khusus acara tersebut. Beri nomor urut sesuai dengan urutan tayangnya materi. 


2. Gladi Kotor

Gladi Kotor sangat penting karena dari situ kita bisa mengetahui rangkaian/gambaran acara secara menyeluruh, jangan sampai kita menjadi operator tapi tidak memahami rundown acaranya. Kerja sama antara host-pemateri-operator menjadi hal vital dalam lancaranya acara.




3. Memahami “timing”

Ketepatan atau presisi waktu sangatlah penting untuk operator, sehingga kita harus mampu mengukur durasi materi yang kita share atau bagikan. Mengetahui nada video atau musik akan berhenti setelah detik sekian, sehingga kita bisa dengan tangkas mempersiapkan diri apa hal yang akan dilakukan selanjutnya, keseringan kita tidak memahami timing ini sehingga yang sering terjadi adalah “dapur” kita jadi terlihat oleh aundien sehingga mengurangi estetika tampilan di layar.


4. Datang paling awal sebelum panitia

 Karena menjadi operator dikondisikan untuk tak mudah gugup, untuk mengurangi hal tersebut jangan sampai kita datang dalam keadaan belum siap materi. Karena hal tersebut akan sangat menyita waktu akibatnya jika terlambat nanti kita akan gugup dalam pelaksanaanya, dan eror yang tak diharapkan akan sangat mungkin terjadi. Komunikasikan dengan mereka yang berpengalaman untuk jadi back up operator sehingga jika terjadi hal yang tidak diinginkan operator pengganti sudah siap. Pastikan kondisi badan baik (tidak kebelet dan semacamnya hehe) serta semua perangkat dipersiapkan jauh sebelum peserta hadir.


5. Pastikan jaringan bagus

Tak bisa dielakkan menjadi operator meeting online harus memiliki jaringan internet yang baik. Pastikan jaringan kita terhubung dengan baik.


6. Membaca doa sebelum memulai

Doa andalanku adalah, pertama tarik napas panjang lalu hembuskan sebanyak tiga kali, lalu membaca 3x Al-Ikhlas dengan hanya satu tarikan napas. Atau do’a apapun yang nyaman untuk teman-teman, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing.

Demikian 6 tips menjadi operator online meeting berdasarkan pengalaman pribadi penulis selama menjadi operator. Terimakasih semoga bermanfaat.


Noer Zein Hidayati

(Menejer Medkom)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar