Perempuan Berdaya


Perempuan berdaya yang cerdas dan bahagia tentu akan menjadi jauh lebih produktif dan bisa berkontribusi dalam banyak hal ketika sudah menyadari segala macam potensi yang dimilikinya.

Menurut KBBI berdaya artinya berkemampuan, berkekuatan, atau pun bertenaga. Dapat disimpulkan perempuan berdaya adalah perempuan yang memiliki kekuatan untuk melakukan hal-hal yang positif.

Untuk menjadi perempuan berdaya, hal utama yang harus kita lakukan adalah mengenali dulu  kekuatan (memahami diri dan potensi). Untuk mengenali kekuatan kita harus tau dulu bakat dan minat. Perpaduan bakat dan minat akan menjadi kekuatan yang menghasilkan aktivitas 4E (Enjoy, Easy, Excellent, Earn).

1. Enjoy = kita senang melakukan aktivitasnya dan selalu punya semangat dan kesenangan sendiri kita melakukannya, tidak bosan-bosan.

2. Easy = selalu berusaha mencari Solusi kalau ada tantangan dan rintangan

3. Excellent = mau terus belajar dan selalu berusaha untuk praktek dan melakukan sampai menguasai dan hasilnya bagus

4. Earn = Aktif berkarya untuk dibagikan hasil belajar itu. Tidak selalu menghasilkan uang, tapi produktif, karya dan akatif berbagi itu sudah earn.

Kuncinya kita tahu dulu kegiatan apa yang membuat kita Enjoy, ketika kita sudah enjoy maka kita akan Easy dalam menjalaninya, kemudian ditambah jam terbangnya agar benar-benar ahli dan hasilnya Excellent. Ketika kita sudah ahli tentu kita akan produktif menghasilkan sesuatu dan berbagi, disini kita akan Earn, mendapatkan sesuatu kekuatan yang membuat kita merasa berdaya, berkekuatan dan berharga.

Iin Novita, salah satu member Komunitas Permata Hati berbagi testimoninya setelah mempraktekkan 4E.

"Setelah saya mengenali dan menentukan aktivitas 4E pada diri saya, saya merasa jadi terarah, lebih semangat dan fokus mengerjakan aktivitas. Rasanya saya menjadi lebih dalam lagi mengenal diri saya sendiri, lebih jujur terhadap diri sendiri. Fokus meningkatkan aktivitas yang saya 4E dan mengurangi porsi aktivitas yang saya tidak 4E disana."

Ada lagi insight yang disampaikan oleh Mbak Eva Pitna yang merasa lebih terarah setelah mengenali aktivitas 4E.

"Setiap tahun aku usahakan sekali belajar min 1 ilmu baru dan lewat materi perempuan berdaya ini membuatku lebih yakin, terarah, terencana dan semakin tau apa yang dimau, disukai, harus belajar apa dan jadi punya goal yang lebih jelas."

Senada dengan yang disampaikan Mbak Eva Pitna, ada lagi Mbak Irma yang menyampaikan insight nyaris sama dan self love yang ikutan meningkatkan.

"Kalau saya setelah melalukan 4E kemarin jadi terarah Mbak, mau kemana dulu nih dan bisa lebih fokus, tidak gampang bingung mulai dari mana dulu. Yang jelas semakin menambah self love juga, jadi yang selama ini merasa sering banding-bandingin diri sekarang lebih berkurang karena sudah mampu membuat mind maping berdaya itu sendiri."

Semua perempuan bisa berdaya, apapun perannya. Kalaupun kita melihat ada perempuan lain yang lebih keren karena bisa melakukan sesuatu, coba kita lihat lebih dalam ke diri kita sendiri, kita juga memiliki potensi untuk menjadi sama kerennya dalam suatu bidang. 

Ketika kita sudah cukup dengan diri kita sendiri, merasa bahagia dengan apa yg ada, dan menjadi berdaya bersama potensi kita. Kita tidak akan lagi punya waktu, celah dan pikiran untuk iri serta membandingkan diri kita dengan orang lain. Yang ada justru kita akan menjadi ikut senang atas pencapaian sesama perempuan. Ketika perempuan saling support maka kekuatan untuk lebih maju akan melesat lebih cepat.

Women supporting women.



1 komentar:

  1. Alhamdulillah sangat bersyukur bisa menjadi bagian Permata Hati,bisa belajar dan bertumbuh bersama dengan perempuan-perempuan hebat di Permata Hati🥰

    BalasHapus